Jumat, 03 Desember 2010

80 MURID SD DI PAPUA HANYA PUNYA 3 GURU



JAYAPURA, KOMPAS.com - Karena kekurangan guru, para siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kampung Yongsu Desoyo, Distrik Ravenirara, Kabupaten Jayapura, Papua, sering terlantar.
"Saat ini hanya ada tiga orang tenaga pengajar, sehingga kalau yang ada pergi ke Kota Jayapura, maka aktivitas belajar 80 siswa sekolah dasar tidak berjalan," kata Ketua Komite SDN Yongsu Desoyo, Benhur Tablaserai, di Jayapura, Selasa (30/11/2010).
Dia mengaku, tiga pengajar yang ada itu harus mengajar siswa kelas satu hingga enam. "Padahal, lanjut dia, sekolah tersebut sudah memiliki fasilitas lengkap. Di antaranya, laboratorium komputer dan laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), termasuk adanya rumah dinas bagi tenaga guru juga sudah dibangun di sekitar sekolah," akunya.
Tablaserai menilai rugi jika fasilitas yang ada tidak dimanfaatkan dengan baik. "Memang tak ada listrik tapi kami menyediakan genset untuk menyalakan komputer saat praktek komputer dilakukan atau untuk pengetikan berkas administrasi sekolah," ucapnya.
Pihaknya sudah menyampaikan hal tersebut kepada Kepala Distrik setempat dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, namun, belum ada jawaban hingga kini.
"Kami sangat mengharapkan adanya bantuan pemerintah, sebab itu kiranya masalah ini mendapat perhatian yang serius," harapnya.
Tablaserai yang juga pria asli Kampung Yongsu, menegaskan Pemerintah Kabupaten Jayapura dapat menyikapi masalah ini. "Jangan hanya memekarkan distrik terus-menerus tapi tidak memperhatikan kebutuhan masyarakat kampung setempat," katanya. 
Ketiga tenaga itu satu diantaranya bertugas sebagai guru umum yakni mengajar semua mata pelajaran. Sementara dua lainnya fokus untuk mengajar mata pelajaran khusus program studi IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonsia, Bahasa Inggris dan Komputer.
Kampung Yongsu Desoyo adalah nama sebuah kampung yang letaknya cukup jauh dari Jayapura, tepatnya di sekitar kawasan Kabupaten Jayapura. 
Untuk menjangkau kampung ini harus menggunakan perahu motor menyusuri pesisir kota Jayapura. Perjalanan laut ke kampung tersebut memakan waktu kurang lebih setengah jam dengan biaya yang dikeluarkan untuk ongkos perjalanan pulang pergi Jayapura-Yongsu sebesar Rp 50.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar