Jumat, 22 April 2011


TAHUKAH ANDA, NAMA KECIL SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO X...???

Dengan gencarnya pemberitaan ttg Yogyakarta, kita serig sekali mendengar ttg Yogyakarta dengan Sri Sultan HB X sebagai Raja keraton Yogyakarta sekaligus Gubernurnya. Tapi tahukah agan2 sekalian apa nama Sri Sultan sewaktu kecil, karena mungkin pada dasarya "Sri Sultan Hamengku Buwono X" adalah nama gelar sebagi raja keraton Yogyakarta...???


YOGYAKARTA, SENIN — "Nama asli saya Hamengku Buwono X, kalau Herjuno Darpito itu nama kecil saya," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X menjawab pers di Kepatihan Yogyakarta, Senin (3/11), menanggapi munculnya beberapa pendapat agar dirinya maju sebagai calon presiden (capres) menggunakan nama asli.

"Setelah itu, sebelum naik tahta, saya diberi nama Mangkubumi, tetapi kemudian setelah naik tahta nama saya menjadi Hamengku Buwono X," katanya.

Jadi, kata Sultan, "Kalau saya ditanya nama Anda siapa, saya jawab Hamengku Buwono X, wong... itu nama saya. Bagi orang Indonesia mau ganti nama seribu kali tidak masalah."

Sultan Hamengku Buwono X pada 28 Oktober telah menyatakan bersedia maju sebagai capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009. Kesediannya itu menjawab permintaan masyarakat Yogyakarta yang menginginkan Sultan maju sebagai capres 2009.

Beragam reaksi, baik pro maupun kontra, bermunculan menanggapi kesediaan Sultan untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2009. Ditanya apakah setelah pernyataannya pada 28 Oktober itu sudah bertemu dengan pimpinan partai politik, seperti Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Sultan mengatakan, belum bertemu Megawati, begitu pula dengan pimpinan DPP Partai Golkar. "Belum ada pembicaraan lebih lanjut," tuturnya.

Sultan HBX mengatakan, dirinya baru menyatakan bersedia (maju sebagai capres) dan itu menjawab keinginan masyarakat Yogyakarta karena itu belum ada pembicaraan lebih lanjut dengan partai politik (parpol), termasuk Partai Golkar.

Mengenai dukungan parpol lain, ia mengatakan sampai saat ini belum ada, mungkin menunggu selesai pemilu legislatif baru mereka bisa membuat keputusan soal capres.



Nama:
Sri Sultan Hamengku Buwono X
Nama Asli:
Bandoro Raden Mas (BRM) Herdjuno Darpito
Lahir:
Yogyakarta, 2 Maret 1946
Agama:
Islam
Ayah:
Sri Sultan Hamengku Buwono IX
Istri:
Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas
Anak:
1. Gusti Raden Ajeng (GRAJ) Nurmalita Sari
2. Gusti Raden Ayu (GRAy) Nurma Gupita
3. Gusti Raden Ajeng (GRAJ) Nurkamnari Dewi
4. Gusti Raden Ajeng (GRAJ) Nurabra Juwita
5. Gusti Raden Ajeng (GRAJ) Nur Astuti Wijareni
Pendidikan:
Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Pekerjaan:
- Anggota MPR sejak Tahun 1992
- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, sejak 3 Oktober 1998 – Sekarang
- Sri Sultan Hamengku Buwono X, dinobatkan 7 Maret 1989
Karya Ilmiah:
- Kerangka Konsepsi Politik Indonesia (1989)
- Bercermin Di Kalbu Rakyat (1999)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar