Kamis, 18 November 2010

SAMURAI VS NINJA



Serupa tapi tak sama. Begitulah kedua senjata tajam khas tradisional Jepang ini. Senjata itu adalah pedang Samurai alias katana dan pedang Ninja alias Ninja To. Sekilas memang mirip, namun jika dicermati ada beberapa perbedaan secara fisik.

Perbedaan yang nyata adalah dari segi ukuran panjang. Katana lebih panjang dari Ninja To. Jika Katana umumnya berukuran panjang 70-90 cm, sedangkan Ninja To panjang 60 cm.

Dari segi bentuk, Katana lebih melengkung daripada Ninja To yang ujudnya cenderung lurus. Bahan besi kedua pedang tersebut juga memiliki warna berbeda. Katana putih mengkilat, sedangkan Ninja To warnanya kehitaman (sesuai warna Ninja) tidak mengkilat namun sama-sama tajam dengan Katana.

Di bagian gagang atau pegangan, pelindung tangan dari tebasan lawan yang dinamakan tsuba, juga berbeda. Tsuba pada Katana umumnya berbentuk bulat sementara Ninja To menggunakan tsuba berbentuk kotak.

Meski berbeda tetapi berasal dari ujud yang sama. Ihwal sejarah Ninja To ternyata berasal dari Katana. Pedang para Ninja itu merupakan modifikasi dari Katana. Bahan pedang dipungut dari sisa perang kaum Samurai. Kemudian dipotong lebih pendek dan disesuaikan dengan keperluan para Ninja agar mudah dibawa.

Menurut San Moon, praktisi seni beladiri Ninjutsu di tanah air, bentuk Ninja To merupakan adopsi dari pedang China (pedang Tai Chi). Pedang China itu lurus kecuali golok. Pedang ninjutsu juga lurus karena gabungan ilmu Tiong Kok dan Ilmu Jepang.

Satu lagi beda kedua pedang ini. Para Samurai membawa dua pedang berselip di pinggang, satu katana dan satu lagi berukuran lebih pendek. Sementara para Shinobi alias Ninja hanya membawa satu pedang dengan penempatan diikat di punggung.
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
Dulu aku juga pernah bertanya mengenai hal ini karena ngefans sama Hanzo Hattori & Miyamoto Musashi,, tapi setelah aku pikir2 sama saja aku mengadu Musik Blues & Musik Rock, atau aku mangadu BB King (King of Blues) dan Chuck Berry (Godfather Rock),, -> 
http://id.answers.yahoo.com/question/ind…
Jika di dalam dunia fiksi Samurai akan kalah telak karena kekuatan Ninja yang di lebih2kan..
Tapi pada kenyataannya kebanyakan Samurai emang lebih unggul dibanding Ninja,, tapi tergantung juga seh Ninjanya seperti siapa,, gimana kalau Ninjanya seperti Hanzo Hattori seorang legena ninja yang mahir dalam teknik pedang yang konon setingkat dengan teknik pedang Miyamoto Musashi seorang Samurai yang juga melegenda di masa yang berbeda ??
Pasti akan sangat sulit mengalahkan ninja sekelas Hanzo Hattori yang di dalam darahnya mengalir darah seorang Samurai terkenal..
Hattori & Musashi punya teknik bertarung tersendiri,, aku keberatan jika Ninja bilang petarung yang licik,, karena menurutku itu lah gaya bertarung Ninja, pelatihan Ninja juga sulit dan beragam dibanding Samurai yang cuma terpaku pada pedang, jadi menurutku itu wajar sesuai dg apa yang mereka dapatkan saat latihan, lagi pula Ninja emang terlihat lebih supranatural dibanding Samurai.. jadi wajar aja kalau Ninja yang menang.. tapi masalahnya entah kenapa faktanya Samurai emang terlihat lebih unggul dibanding jNinja.. tapi yang jelas dalam sebuah film yang menceritakan kehidupan Ninja maka Samurai akan terlihat tidak ada apa2nya dibanding Ninja, begitu juga jika film itu menceritakan kehidupan Samurai maka Ninja g akan terlihat tidak ada apa2nya dibanding Samurai..
Jadi, jangan heran juga kalau mendengar seorang Master Kungfu yang cuma pake tangan kosong bisa mengalahkan seorang Samurai dengan katananya, apalagi Samurai bisa mengalahkan Ninja, itu cuma masalah teknik/skill khusus dan keberuntungan..
Lawan yang kuat juga akan menjadikanmu seorang yang kuat..
Ex : Hazo Hattori (Ninja) VS Miyamoto Musashi (Samurai)
materi referensi:
_eL
 SAMURAI

NINJA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar